Aplikasi Instant Messenger (IM) yang Populer dan Praktis | Wayan Fais

Aplikasi Instant Messenger (IM) yang Populer dan Praktis

Aplikasi Instant Messenger (IM) yang Populer dan Praktis




Kini penggunaan smartphone sudah semakin luas karena semakin murahnya gadget-gadget smartphone yang beredar di Indonesia walau ada beberapa gadget yang dipatok dengan harga diatas 7 juta rupiah perbijinya. Beberapa gadget smartphone yang banyak beredar di Indonesia adalah BlackBerry, Samsung Galaxy segala tipe, gadget Tab, dan berbagai macam HP dengan OS Android.

BlackBerry alias BB adalah salah satu smartphone yang sangat populer di Indonesia dan bahkan sekarang ada trend jika bertemu teman atau kenalan, bukan nomor telepon yang ditanyakan namun adalah Pin BBM. BBM adalah salah satu aplikasi messenger yang paling menarik karena sesama pemilik BB bisa bertukar pesan dan bahkan video dengan gratis. Kepopuleran BBM kini agak tersaingi dengan adanya banyak sekali aplikasi messenger yang bisa digunakan bertukar pesan dan video serta banyak hal lain. Bahkan aplikasi messenger tersebut bisa juga dipergunakan pada komputer dan tablet.

Pada dasarnya sebuah IM atau instant messenger seperti BBM mendasarkan operasinya pada koneksi internet. Pesan yang ditulis akan diteruskan melalui internet dan begitu pula sebaliknya jika pesan tersebut dibalas jadi memang tidak ada penggunaan pulsa alias gratis.

Kini serangan aplikasi messenger yang juga gratis bisa diunduh dari internet. Anda bisa sebut seperti weChat, Kakao Talk, Line, Gtalk, Facebook messenger, Yahoo Mesengger dan banyak lagi. Mereka merupakan aplikasi messenger gratis yang diperuntukkan bagi semua jenis smartphone. Tidak seperti BBM yang hanya bisa dipergunakan di BB saja.

Berikut ini ada beberapa aplikasi Instant Messenger yang bisa dipergunakan mengirim pesan secara gratis.

BlackBerry Messenger (BBM)

BlackBerry Messenger atau BBM, tidak perlu dijelaskan lagi aplikasi instant messenger yang paling terkenal ini. Walau hanya bisa mengirim pesan ke sesama BB namun aplikasi ini menjadi sangat populer karena gratis dan ada banyak fitur-fitur menarik didalamnya seperti fitur pengirim video dan suara. Pada BlackBerry 10 keluaran terbaru ini, Anda dapat melakukan chatting baik dengan satu lawan bicara atau berkelompok; serta selalu diketahui jika pesan Anda telah terkirim atau dibaca. Selain itu Anda dapat melakukan BBM video chat dengan tatap muka atau perlihatkan tampilan kamera belakang bahkan Anda dapat berbagi foto, browser atau dokumen dengan Screen Share.

WhatsApp

Aplikasi ini didesain untuk bisa dijalankan di multi platform yang artinya bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti BlackBerry, Android, dan juga HP berbasis Symbian dan Windows Mobile. Dengan WhatsApp Anda bisa bertukar pesan, gambar, dan suara lintas platform Anda. Anda juga bisa chat dengan grup Anda. WhatsApp gratis untuk didownload dan bisa didapatkan dari internet.

iMessage

Aplikasi ini hanya diperuntukkan bagi gadget yang berbasis iOS 5 yaitu semua produk dari Apple. Dengan aplikasi ini pengguna iPhone, iPad, dan iMac bisa bertukar suara, video, gambar, serta file dengan bebas dan tanpa batasan.

Line dan Kakao Talk

Line dan Kakao Talk, masing-masing aplikasi ini bisa dipergunakan di hp smartphone apa saja. Keduanya memiliki kemampuan seperti WhatsApp namun dengan kelebihan seperti adanya emoticon dan stiker lucu-lucu yang bisa diperggunakan dalam chat.
Yahoo Messenger

Instant Messenger berikutnya adalah pemain lama yaitu Yahoo Messenger. IM ini sudah sangat lama dipergunakan untuk berkirim pesan bahkan melakukan video call. Aplikasi ini bisa dipergunakan secara universal baik di komputer maupun gadget dan smartphone. Dengan YM Anda bisa mengirim file, gambar, audio conference dan juga video conference.

Skype

Aplikasi ini sangat menarik karena Anda bisa menelepon dengan gratis dari gadget Anda. Keuntungan lain adalah aplikasi ini multi platform dan sangat terkenal digunakan di komputer Anda maupun di smartphone.



Facebook Messenger

Layanan chatting ini memang hanya untuk berkirim pesan sesama pengguna FB namun karena pengguna FB sangat luas maka Anda tidak akan terbatas oleh jumlah teman yang bisa dikirimi pesan. Aplikasi Facebook Messenger ini bisa dipergunakan lintas platform selama Anda mempunyai akun FB dan juga gadget atau komputer Anda bisa dipergunakan membuka halaman FB.

Saya berharap informasi-informasi diatas dapat berguna bagi Anda penggemar IM baik menggunakan komputer, tablet maupun smartphone.

Selamat mencoba dan silakan di klik suka (like) atau berikan komentar Anda di kotak komentar yang tersedia. Saya ucapan terima kasih atas kunjungan, kritik atau sarannya.


Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan sarannya saya harapkan utuk membantu pengembangan website saya, Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kotak komentar atau Diskusikan Bersama

Berbagi artikel ini Ke : Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 18.14 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anybody is welcome to join tanpa membedakan latar belakang suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, usia, orientasi seksual, dan difabelitas.